6 Penyebab Sakit Pinggang Ini Jarang Diketahui

Nutrisisehat.co.id - 6 Penyebab Sakit Pinggang Ini Jarang Diketahui - Memang sakit yang satu ini akan membuat kita merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi faktor risiko saat menderita sakit pinggang. Jadi penting untuk menyesuaikan aktivitas apapun dengan kemampuan kita.

Penyebab Sakit Pinggang

Nyeri Pinggang adalah sekumpulan gejala yang menimbulkan ketidaknyamanan yang berpusat di tulang belakang. Masalah ini mengurangi kemampuan fungsional seseorang. Sebenarnya, siapapun bisa menderita sakit pinggang. Sekitar dua pertiga populasi orang dewasa menderita karenanya.

Penyebab Sakit Pinggang

Sebagian besar pemicu nyeri punggung bagian bawah atau pinggang disebabkan oleh perubahan struktur yang membentuk tulang belakang. antara lain hal itu bisa mempengaruhi :

  • Ligamen
  • Otot
  • Cakram tulang belakang
  • Tulang belakang
Faktor Spesifik
Ada penyebab spesifik seperti trauma, postur tubuh yang buruk dan kelemahan otot. Kerusakan juga mungkin karena kelebihan tenaga dan kelebihan bebean mekanis yang menyebabkan sakit di punggung bawah

Faktor Tidak Spesifik
Disisi lain, sakit pinggang mungkin tidak disebabkan oleh penyebab diatas. Ini adalah rasa sakit yang bervariasi dalam intensitas sesuai dengan perubahan postur tubuh. Hal ini juga bisa bervariasi saat melakukan aktivitas fisik tertentu.


Dalam kasus ini, perlu dilakukan analisis berbagai elemen biologis, sosial, struktural dan bahkan psikologis.

Faktor Risiko

1. Stres dan Depresi

penyebab sakit pinggang

Menurut berbagai penelitian , baik nyeri kronis maupun nyeri punggung bawah secara teratur berhubungan dengan keadaan stres, depresi dan kecemasan.

Meskipun penyebab rasa sakit itu fisik, telah ditunjukkan bahwa faktor psikologis memiliki dampak penting pada perkembangan dan penanganan ketidaknyamanan ini. Untuk alasan ini, sebaiknya beristirahat sejenak dan rileks.
Perlu menjaga jadwal tidur yang baik dan mencakup aktivitas yang menyenangkan dalam rutinitas kehidupan sehari-hari Anda.

2. Usia
Selama bertahun-tahun, tubuh secara alami sudah aus, termasuk tulang belakang dan persendian.

Untuk alasan ini, nyeri punggung / pinggang lebih sering terjadi pada orang tua yang biasanya menderita penyakit seperti osteoartritis atau stenosis spinal.

Sebaliknya, orang muda dipengaruhi oleh masalah yang didefinisikan. Begitulah kasus herniasi diskus atau penyakit degeneratif cakram invertebralis.

3. Genetika

Obat sakit pinggang

Mungkin ada predisposisi yang bagus , terutama pada orang yang memiliki gejala sakit punggung bagian bawah dan penyakit disk dari usia muda.

Menurut beberapa penelitian , gen bermutasi "karbohidrat sulfotransferase 3 (CHST3)" tampaknya bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko pengembangan degenerasi cakram lumbal hingga 30%.

Investigasi ini juga menunjukkan bahwa jika salah satu dari orang tua memiliki gen ini, ada kemungkinan 50% bahwa anak tersebut juga akan menderita karenanya.

Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menjaga gaya hidup sehat dan hindari latihan fisik yang hebat. Dalam kasus memiliki gen tersebut, pengangkatan beban harus benar-benar dikesampingkan.

4. Risiko Bekerja
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap ada hubungan antara gangguan muskuloskeletal dan usaha fisik selama bekerja.

Kegiatan yang membutuhkan usaha besar adalah usaha yang membawa beban berat. Ini melibatkan bergerak, mendorong atau bahkan menggunakan mesin atau peralatan.

Namun, sakit punggung juga bisa disebabkan oleh jumlah pengulangan dan jumlah jam per hari yang satu orang terbiasa terkena usaha semacam itu.

Sementara luka stres sesekali akut tapi singkat, terpapar stres kebiasaan bisa mengakibatkan luka dan gangguan kronis.

Beberapa pertimbangan yang dapat diterapkan dalam kasus ini membawa beban berat mendekati tubuh dan menekuk lutut agar punggung tetap tegak lurus.

Demikian juga, disarankan untuk mempertahankan kecepatan moderat saat menjalankan aktivitas berisiko.

5. Jarang Beraktifitas
Di seluruh dunia, aktivitas fisik adalah salah satu faktor risiko mortalitas dan jelas, hal itu merusak keadaan sistem lokomotor.
Penting untuk tetap aktif karena otot dalam tindakan mempertahankan kapasitas fungsionalnya, seperti halnya tendon dan tulang.
Jika tidak, struktur biologis akan melemah dan tidak akan memiliki kekuatan untuk melindungi tulang belakang dan memberi sendi dan stabilitas ligamen.

Pada akhirnya, kekurangan daya otot akan meningkatkan risiko rasa sakit muncul atau bertahan.

Ya, terkadang sulit untuk tetap aktif, terutama bila Anda berada dalam lingkungan kerja yang tidak banyak pekerjaan. Namun, naik tangga bukan lift atau menggunakan mobil kurang dan berjalan adalah strategi yang baik untuk meningkatkan aktivitas fisik.

6. Postur Tubuh yang Buruk
Postur tubuh yang buruk adalah salah satu penyebab sakit punggung yang paling umum saat tidak ada korban di wilayah tersebut. Alasannya adalah karena distribusi berat kepala yang tidak memadai.

Akibatnya, otot punggung yang tegang dan mengalami overexertion untuk menemukan keseimbangan dalam tubuh.

Sikap tubuh yang benar saat berdiri membuat kepala, bahu, pinggul dan pergelangan kaki selaras.

Namun, jika Anda duduk, Anda harus meletakkan kaki di lantai, tetap bersandar pada sudut yang benar, jaga punggung ke punggung kursi dan, yang terpenting, hindari membungkuk.

Demikian juga, seseorang harus menahan diri dari memutar atau menekuk pinggang sebanyak mungkin, karena gerakan ini dikaitkan dengan peningkatan risiko nyeri punggung.

0 Response to "6 Penyebab Sakit Pinggang Ini Jarang Diketahui"

Posting Komentar